Marco Simoncelli yang tidak lama berkarir di sepeda motor kelas primer Grand Prix. Dia meninggal saat menyelam balapan di sirkuit Sepang, di mana ia telah memastikan dia menjadi juara dunia. Kematian pembalap San Carlo Gresini Honda tim adalah yang terburuk di MotoGP sejak Daijiro Katoh, pembalap Gresini yang, meninggal karena luka dari seri Jepang 2003. Musim September lalu, pembalap kelas Moto2, yaitu Showa Tomizawa, juga kehilangan nyawa mereka di lintasan balap. Tidak kurang mengejutkan, minggu baru di dunia balap kecelakaan yang menewaskan satu peserta, yaitu Dan Wheldon, acara IndyCar Inggris di Las Vegas. Simoncelli benar-benar merajut karier yang cemerlang di MotoGP, setelah menyelesaikan kedelapan musim lalu, menyelesaikan 16 dari 18 balapan tahun itu. Pada musim ini ia membuktikan banyak orang meramalkan bahwa ia akan menjadi salah satu pembalap yang patut diperhitungkan. Buktinya, dia mampu menyelesaikan kelima di seri pembuka di Qatar, juga di Prancis dan Italia. Dia meraih podium pertamanya ketika ia menjadi pembalap tercepat ketiga di Republik Ceko.Simoncelli lebih stabil bila seri berturut-turut di tempat keempat di San Marino, Aragón, dan Jepang. Dalam seri-16 di Phillip Island, Australia, ia berhasil mencapai prestasi tertinggi, yang menjadi runner-up (di belakang Casey Stoner). Selain bakat menjanjikan, pria unik dengan rambut kribonya itu juga sering memicu kontroversi. Bergaya racing dianggap "serampangan", lebih dari berani, dan beberapa kali membahayakan pembalap lainnya dinilai. Salah satu tindakan yang paling berbahaya adalah ketika disikat dengan Dani Pedrosa di Le Mans. Pedrosa cedera tulang selangka, dan dia dihukum naik-melalui penalti. Awalnya Simoncelli menghindari menyalahkan kecelakaan itu, tetapi kemudian mengakui bahwa dia perlu melakukan refleksi pada gaya balap. Sebelum pindah ke MotoGP, Simoncelli telah menjadi juara Eropa di kelas 125cc. Ia memasuki tingkat Grand Prix pada tahun 2002 dengan Aprilia di kelas 125cc. Prestasinya selalu meningkat: dari menyelesaikan nomor 33 sampai 21, 11, dan lima pada tahun 2005. Pada tahun 2006 Kribo ini direkrut ke Gilera 250cc, dan di musim panas 2008 ia berhasil menjadi juara dunia. Kepastian meraih gelar mengakuisisi ketika ia selesai ketiga dalam lomba di Sepang. Simoncelli di Sepang baik "berkenalan" dengan MotoGP, sebagai pembalap Honda baru di musim 2010. Pada rangkaian ia jatuh dua kali dalam uji coba resmi. Insiden ini adalah yang kedua untuk menghancurkan helmnya.Tim medis akhirnya peluncuran penyebab kematiannya Marco Simoncelli. Direktur Medis Dr Michele Macchiagodena panggilan, Simoncelli meninggal akibat luka di kepala, leher, dan dada. Konferensi pers berlangsung selama enam menit dan juga dihadiri oleh Javier Alonso (Dorna Acara Managing Director), Franco Uncini (Keselamatan Delegasi), Claude Danis (Komisi Presiden tentang Keselamatan), dan Paul Butler (Direktur Ras). Seperti diberitakan sebelumnya, kecelakaan itu terjadi ketika motor yang menyelinap Simoncelli samping ketika menikung di tengah lap kedua. Sayangnya untuk Simoncelli, ia jatuh di tengah trek. Dampaknya, dia dipukul oleh Colin Edwards dan Valentino Rossi yang sedang mengemudi di belakangnya. Bendera merah dikibarkan dan ras dihentikan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar